( ! ) Notice: Undefined index: sstheme in /var/www/html/webbappeda/include/common/ConfigClass.gi on line 18
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001239832{main}( ).../awal.gi:0
20.0009410208cms->cms( ).../awal.gi:591
30.0009410520ConfigClass->ConfigClass( ).../awal.gi:14
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Klaten

Wakil Bupati Klaten Pimpin Upacara HUT ke-70 PGRI dan HGN 2015

20 November 2015 14:14:13

Klaten – Wakil Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE, Rabu pagi, 25 November 2015 mempimpin dengan menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2015 Tingkat Kabupaten Klaten di Alun-alun Klaten. Upacara HUT ke-70 PGRI dan Hari Guru Nasional di Klaten dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan itu diikuti para guru, pelajar SD, SMP dan SMA/SMK Kota Klaten. Kemudian juga diikuti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Drs H Pantoro MM, jajaran Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Tingkat Kecamatan se Kabupaten Klaten. Kemudian juga diikuti kepala sekolah SMP, SMA, SMK Kota Klaten dan jajaran pejabat Pemkab Klaten.

Wakil Bupati Klaten Hj Sri Hartini SE saat membacakan amanat Bupati Klaten mengatakan, peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat.

Dikatakan, pada tahap awal Kebangkitan Nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

Menurut Hj Sri Hartini, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada seluruh guru di Indonesia, pemerintah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati oleh semua guru di seluruh penjuru Nusantara dengan berbagai kegiatan, mulai dari upacara bendera sampai dengan beberapa bentuk kegiatan positif lainnya.

Hj Sri Hartini SE menembahkan, guru merupakan sosok yang mulia dan harus bisa menginspirasi. Guru dikatakan mulia karena kehadirannya menginspirasi dan menggerakkan, sehingga profesi guru merupakan profesi yang mulia dan semoga seluruh masyarakat Klaten mampu menghargai jasa yang sudah dilakukan para guru di Kabupaten Klaten dalam rangka mencerdaskan seluruh masyarakat Klaten.

Ketua PGRI Kabupaten Klaten, H Sunardi SPd MM kepada pers mengatakan, kegiatan yang digelar dalam rangka HUT ke-70 PGRI dan HGN 2015 Tingkat Kabupaten Klaten antara lain upacara bendera dan ziarah ke Makam Pahlawan Pendidikan Ki Hajar Dewantoro di Jogjakarta. Kemudian PGRI Klaten juga akan mengadakan kegiatan olahraga berupa jalan sehat yang melibatkan seluruh jajaran guru di Kabupaten Klaten.