( ! ) Notice: Undefined index: sstheme in /var/www/html/webbappeda/include/common/ConfigClass.gi on line 18
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001240376{main}( ).../awal.gi:0
20.0043410752cms->cms( ).../awal.gi:591
30.0043411064ConfigClass->ConfigClass( ).../awal.gi:14
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Klaten

Kunjungan Study Komparatif Kabupaten Lombok Barat tentang Perencanaan Pembangunan Daerah

03 Desember 2015 11:19:00

Study komparatif

Dalam rangka meningkatkan kualitas dokumen perencanaan pembangunan, Rabu, 02 Desember 2015 Bappeda Kab. Klaten menerima studi banding dari Kabupaten Lombok Barat. Pimpinan rombongan Kabid Perencanaan Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Bappeda Kab. Klaten, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Wahyu Hariyadi, M.M menyambut gembira kedatangan rombongan Kab. Lombok Barat. Beliau berharap kesempatan yang ada dapat dimanfaatkan untuk bertukar pikiran dengan sebaik-baiknya. Pada kesempatan ini disampaikan gambaran sekilas profil Kab. Klaten dan juga pengenalan potensi-potensi yang ada.


Materi pertama tentang perencanaan pembangunan Kab. Klaten, disampaikan oleh Joko Handoyo, S.STP, M.Si, Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan. Dalam paparannya Joko Handoyo menjelaskan tentang sejumlah inovasi dalam perencanaan pembangunan yang muaranya adalah komunikasi intensif antara eksekutif, legislatif, dan masyarakat khususnya masyarakat desa serta pemerintah Kabupaten Klaten sehingga dapat mewujudkan usulan rencana pembangunan yang berkesinambungan sesuai kebutuhan dan kuatnya dukungan politik anggaran dari dewan.


Materi kedua tentang Review RPJMD disampaikan oleh Kabid Pendataan, Evaluasi, Penelitian dan Pengembangan, Nurul Bariyah, S.H., menjelaskan tahapan-tahapan dalam rangka penyusunan review RPJMD.


Selesai acara, tuan rumah dan tiga rombongan tamu merasa puas dengan hasil studi banding tercermin dari antusiasnya peserta dan pemateri untuk saling berbagi pengalaman pada sesi dialog. Salah satunya Andrian dari Bappeda Kab. Lombok Barat yang menyampaikan kemajuan integrasi sistem perencanaan pembangunan yang ada di Kab. Klaten menjadi inspirasi bagi Kab. Lombok Barat dalam rangka meningkatkan perencanaan pembangunan daerah.